Syarat-syarat pasar :
1.Ada penjual
2.Ada pembeli
3.Ada barang yang diperdagangkan
4.Terjadi kesepakatan antara penjual-pembeli
Fungsi dan peranan pasar:
1.Fungsi Distribusi
2.Fungsi Pembentukan harga
3.Fungsi promosi
4.Fungsi penyerapan tenaga kerja
Macam-macam pasar :
Menurut wujud :
1). Pasar nyata/Konkret .
Yaitu pasar yang memiliki ciri-ciri:barang yang diperjualbelikan nyata/dapat dilihat, penjual dan pembeli bertemu langsung, sistem pembayaran dilakukan secara tunai.
2). Pasar tidak nyata/ abstrak
Yaitu pasar yang memiliki ciri-ciri: barang yang diperjualbelikan tidak nyata, penjual-pembeli bisa tidak bertemu langsung. Contoh : pasar tenaga kerja (JOB FAIR), Bursa efek
2.Menurut jenis barang yang diperdagangkan
1). Pasar barang konsumsi(Pasar output)
2). Pasar barang produksi (Pasar Input)
Macam pasar persaingan tidak sempurna :
1.Pasar Monopoli, Yaitu pasar yang memiliki ciri-ciri : satu penjual banyak pembeli, penjual bebas menentukan harga. Contoh : PLN, Telkom, PDAM
2.Pasar Oligopoli, Yaitu pasar yang memiliki ciri : banyak penjual, masing-masing penjual dapat menentukan harga. Pasar televisi, pasar mobil, pasar motor.
3.Pasar Monopsoni, Yaitu pasar yang terdiri dari satu orang pembeli yang dapat menentukan harga. Misal Perusahaan teh,perusahaan ban
4.Pasar Monopolistik, merupakan pertengahan pasar persaingan sempurna dan monopoli. Kemampuan produsen membuat perbedaan, keistimewaan/ karakteristik produk mampu mempengaruhi pasar. Contoh : produk kosmetik, mie instant dll
0 komentar:
Posting Komentar